Kode
Indikator
Bukti Fisik
Deskripsi Bukti
Fisik
Tahapan
Rekomendasi
111
Pengembangan
kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun
BSNP.
*Dokumen
Kurikulum KTSP,
*Silabus dan RPP, *SK Tim
pemgembang kuikulum
*Sekolah
kami memiliki Tim Pengembang Kurikulum.
*Dalam penyusunan kurikulum kami tidak melibatkan (Pendidik, Komite
Sekolah, Tokoh masyarakat)
*Kurikulum sekolah kami menyusun KTSP dengan mengkopi dari Dinas
Pendidikan
*Kurikulum sekolah kami memuat 8 mata pelajaran, 2 muatan lokal
*Kurikulum sekolah kami tidak dikembangkan berdasar 7 prinsip
*Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran, tidak termasuk mata pelajaran
muatan lokal.
*RPP tersedia untuk semua mata pelajaran, tidak termasuk mata pelajaran
muatan lokal,
*Dokumen kurikulum tidak disahkan oleh Dinas Pendidikan sebelum
diberlakukan.
*Kurikulum di sekolah kami belum direfisi setiap tahun sekali
3
*Sekolah
kami akan mengadakan workshop dalam
penyusunan dan pengembangan KTSP berdasarkan 7 prinsip, penyusunan silabus
dan RPP
*Sekolah kami akan menyusun Silabus dan RPP untuk mata pelajaran muatan lokal.
112
Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan
karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia
peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
Dokumen 1 KTSP Dokumen 2 KTSP
Kurikulum
Sekolah kami dibuat belum mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial
masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
3
Sekolah kami akan menyusun
Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial
masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran
Kurikulum sekolah kami telah mempertimbangkan karakter daerah dengan muatan lokal bahasa lampung.\o651
113
Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu,
rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.
Dokumen
1 KTSP
Struktur
kurikulum sekolah kami memuat :
4
1.Sekolah kami akan mengalokasikan waktu
yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum
melanjutkan ke pelajaran berikutnya, dimulai tahun pelajaran 2011/2012.
8 mata pelajaran pokok dan 2 muatan lokal
Jumlah jam pembelajaran perminggu untuk kelas 1 adalah 30 jam
pembelajaran.
Jumlah jam pembelajaran perminggu untuk kelas 2 adalah 31 jam
pembelajaran.
2. Sekolah kami akan menyusun program remidial dan program
pengayaan untuk semua mata pelajaran.
Dokumen 2 KTSP
Jumlah jam
pembelajaran perminggu untuk kelas 3 adalah 34 jam pembelajaran.
Jumlah jam pembelajaran perminggu untuk kelas 4-6 adalah 35 jam
pembelajaran.
Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah 35 menit.
Jumlah minggu efektif dalam setahun 34-38 minggu.
Belum dibuat rencana program remedial
Belum ada pengayaan bagi siswa
121
Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan
konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
Dokumen 1 KTSP
Sekolah
belum memiliki guru BK
3
1. Sekolah kami akan
meminta guru BK
P1
Sekolah belum
menyusun program kegiatan kegiatan Bimbingan dan Konseling.
2. Sekolah kami akan menyusun program layanan bimbingan dan
konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
Sekolah belum menyediakan
layanan bimbingan dan konseling
122
Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler
untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
Sekolah
belum menyusun program kegiatan ekstra kurikuler
4
Daftar hadir kegiatan ekstra kurikuler pramuka
Sekolah telah menyelenggarakan kegiatan ekstra
kurikuler pramuka,olah raga
Sekolah kami
akan menyusun program ekstrakurikuler pramuka, olah raga
Struktur Organisasi
Sekolah belum menyelenggarakan kegiatan
ekstrakurikuler selain pramuka dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi
peserta didik
Sekolah akan
berusaha menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan
pengembangan pribadi peserta didik.
SK
Sekolah telah mengorganisasikan kegiatan
ekstra kurikuler, tetapi belum berjalan efektif.
Sekolah akan
menyusun struktur organisasi yang efektif
211
Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi
(SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.
Dokumen KTSP
5
orang pendidik pada sekolah kami memiliki silabus tetapi masih mengkopi dan
mengadaptasi dari sekolah lain.
3
1. Sekolah kami perlu mengadakan workshop
dalam penyusunan dan pengembangan KTSP
di sekolah.
2. Silabus
dan RPP
Silabus
dikembangkan didasarkan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan
panduan KTSP tetapi masih mengkopi dan mengadaptasi dari sekolah lain.
2. Setiap guru
di sekolah kami diusahakan untuk menyusun silabus sesuai dengan standar isi, standart kompetensi lulusan,
dan panduan KTSP.
Silabus
mengarah pada pencapaian SKL
3. Sekolah kami
akan menyusun program untuk mengkaji silabus untuk disesuaikan dengan
perubahan kebutuhan pembelajaran
Silabus tidak dikaji setiap tahun untuk
disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran
212
Pengembangan Silabus dilakukan guru secara
mandiri atau berkelompok.
Dokumen
Silabus
Silabus
disusun menggunakan contoh silabus dari BSNP sebagai referensi.
2
1.
Sekolah kami akan mengadakan workshop dalam penyusunan Silabus disekolah.
5 orang pendidik menyusun silabus sendiri.
2. Sekolah kami
akan mengadakan workshop dalam
pengkajian dan pengembangan silabus
secara teratur disekolah.
5 orang pendidik tidak
menyusun silabus melalui MGMPS / MGMP Daerah)
3. Sekolah
kami akan menugaskan semua guru untuk mengikuti kegiatan KKG
221
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun
berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
Dokumen RPP
5
orang pendidik di sekolah kami
menyusun Program Semester dan Program Tahunan
4
1.
Sekolah kami akan mengadakan workshop
penyusunan RPP.
5 orang pendidik memiliki
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2. Sekolah kami
akan menyusun program semester dan program
tahunan mandiri dan
mengacu pada sekolah induk.
5 orang pendidik menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sendiri.
3. Sekolah kami
akan menyusun rencana pembelajaran sendiri.
5 orang pendidik tidak
menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui MGMPS / MGMP Daerah)
4. Sekolah kami
akan mengkaji RPP setiap tahun.
RPP memuat identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator
pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi waktu, Metode
pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil Belajar, dan sumber
belajar.
222
RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan
awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan
sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar
belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
Dokumen RPP
5
orang pendidik dalam menyusun Rencana
Pembelajaran tidak memperatikan perbedaan gender, kemampuan awal, kebutuhan
khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya.
1
Sekolah
kami akan mengadakan workshop KKGS
dalam penyusunan RPP yang memperhatikan memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual,
minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan
khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai,
dan lingkungan peserta didik
5 orang pendidik dalam menyusun RPP belum sepenuhnya memperhatikan perbedaan
gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar,
potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan.
231
Siswa
dapat mengakses buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber
belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah.
-
-
2
-
232
Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan,
buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat
dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
Buku
pegangan guru.
Sumber
belajar yang tersedia hanya buku teks pegangan guru dan beberapa buku
referensi milik guru pribadi, perpustakaan, tidak mempunyai laboratorium.
2
Sekolah
kami akan berusaha melengkapi sumber belajar yang lain sebagai pendukung pembelajaran pada tahun pelajaran 20011/2012.
Buku teks tidak cukup untuk satu peserta didik satu buku.
2. Sekolah kami
akan berusaha mengadakan LKS bagi penunjang belajar siswa.
Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu
Panduan guru, buku referensi, buku sumber belajar lainnya, tetapi masih
sebagian guru.
3. Sekolah kami
akan berusaha menggadakan pembelajaran dengan media sember belajar lain.
5 orang peserta didik
memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.
241
Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan,
dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
Dokumen Silabus dan RPP
5
orang pendidik melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disiapkannya.
3
1.Sekolah
kami akan mengadakan workshop
dalam penyusunan RPP yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan
menantang (pembelajaran PAIKEM) .
Dalam proses pembelajaran 2 orang pendidik menggunakan metode
yang interaktif,inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta
didik.
2. Sekolah akan
melakukan supervisi dan pengarahan terhadap pendidik untuk mengetahui
pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP
yang disiapkan
Proses pembelajaran 5 orang pendidik melalui langkah-langkah
pembelajaran pembukaan , inti, penutup.
242
Para peserta didik memperoleh kesempatan yang
sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.
Dokumen Silabus dan RPP
Dalam
proses pembelajaran 1 orang pendidik menerapkan siklus pembelajaran yang
aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, (eksploratif, kolaboratif,
konfirmatif)
3
1.
Sekolah kami akan melakukan supervisi terhadap perangkat pembelajaran
guru pada pertengahan semester.
5orang pendidik mengelola kelas secara efektif. (mengatur tempat
duduk sesuai karakter pembelajaran, tetapi belum memajang hasil karya peserta
didik di kelas)
2. Sekolah
kami akan menerapkan siklus
pembelajaran yang PAIKEM.
3. Sekolah kami
akan mengarahkan pendidik untuk mengelola kelas secara efektif (mengatur
tempat duduk sesuai karakter pembelajaran, dan memajang hasil karya peserta didik di kelas).
251
Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran
dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian
hasil pembelajaran.
Dokumen
Supervisi
Kepala
sekolah mempunyai program kerja untuk
melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran.
4
1.
Sekolah kami akan mulai berkomunikasi
dengan pengawas untuk diminta
membimbing dalam proses
supervisi dan mengevaluasi proses pembelajaran di sekolah kami.
2. Dokumen Evaluasi
Kepala sekolah
tidak melakukan supervisi proses pembelajaran pada tahap ( perencanaan,
pelaksanaan, penilaian hasil belajar).
2. Sekolah kami
akan mulai mencoba melakukan supervisi
dan evaluasi terhadap kerja Kepala, Guru, dan Karyawan dengan bimbingan dan
arahan dari Pengawas sekolah.
Kepala sekolah
tidak melakukan evaluasi proses evaluasi pada tahap ( perencanaan,
pelaksanaan, penilaian hasil belajar).
252
Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran
dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.
Buku tamu
Pelaksanaan
supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan tidak berkala oleh
Kepala Sekolah, Pengawas.
4
1.
Sekolah kami akan berusaha melakukan proses supervisi dan evaluasi proses pembelajaran secara berkala
dan berkelanjutan mulai tahun pelajaran 2011/2012.
Hasil supervisi dan
evaluasi proses pembelajaran tidak ditindaklanjuti dengan penguatan dan
penghargaan bagi yang telah memenuhi
standar, teguran yang bersifat mendidik bagi yang belum memenuhi standar,
diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran Iebih lanjut.
2. Kepala
sekolah akan mulai melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran
secara berkala dan berkelanjutan mulai tahun pelajaran 2011/2012.
Hasil supervisi dan evaluasi proses pembelajaran tidak
dilaporkan kepada pemangku kepentingan.
3. Sekolah kami
akan melaporkan hasil supervisi dan
evaluasi proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan
311
Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih
baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.
1.
Hasil penilaian siswa (Raport)
40%
siswa belum mencapai target KKM
3
Sekolah
menyusun program pengayaan dan remedial agar tercapai target KKM
2. Dokumen KKM
20 % Nilai
rata-rata mengalami penurunan , 40% nilai rata-rata mata pelajaran mengalami
kenaikan dan 40% nilai rata-rata tetap
Sekolah
akan mengikutsertakan pendidik diklat peningkatan kompetensi
3. Data kelulusan
100% peserta
ujian lulus dan mengalami peningkatan.
Sekolah
akan melakukan pembimbingan terhadap
siswa-siswa yang tertinggal
312
Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai
pembelajar yang mandiri.
Daftar
nilai siswa
Guru
dalam menyusun RPP belum melibatkan siswa di dalam proses pembelajaran
2
1.
Sekolah kami akan mengarahkan siswa untuk mampu menjadi pembelajar yang mandiri.
RPP
RPP yang
disusun belum PAKEM
Hasil kerja siswa
2 orang
pendidik yang memberikan tugas mandiri atau tugas terstruktur.
2. Sekolah kami
akan memfasilitasi sumber belajar siswa dan memberikan LKS sebagai bahan
pembelajaran mandiri untuk mendapatkan
nilai di atas KKM.
LK
313
Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar
dan rasa percaya diri yang tinggi.
Sertifikat
kegiatan/lomba
3
orang pendidik yang memberikan penghargaan kepada peserta didik yang
menunjukkan kemajuan belajar.
3
1.
Sekolah kami akan mengarahkan pendidik
untuk memberikan penghargaan kepada peserta didik yang menunjukkan kemajuan belajar siswa.
Piala
Banyak peserta didik yang berpartisipasi mengikuti
kegiatan / lomba bidang olah raga
2. Sekolah kami
akan memberikan wadah dan sarana bagi siswa untuk menyalurkan bakat dan minat
siswa sehingga dapat berpartisipasi mengikuti kegiatan / lomba.
RPP
Guru disekolah
kami belum sepenuhnya memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
3. sekolah
akan menambah kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan seni budaya.
Sekolah belum
memberikan pengalaman mengapresiasikan karya seni dan budaya
4. Guru
memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar tercantum di RPP
321
Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.
Dokumen
buku pelanggaran siswa
80%
peserta didik berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku (jabat
tangan dan doa sebelum dan sesudah pelajaran).
4
sekolah kami akan menyusun tata tertib sekolah
Absensi siswa
70 % peserta
didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten.
90 % peserta
didik datang tepat waktu
Belum memiliki
jam kejujuran
322
Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.
Hasil kreasi siswa
Sekolah
belum mengembangkan kegiatan keterampilan hidup
3
Sekolah
kami akan mengembangkan keterampilan
hidup
Siswa belum mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan
sehari-hari
Guru akan mengembangkan RPP sesuai dengan program
Siswa belum menunjukkan ketrampilan menyimak, membaca,
berbicara, menulis dan berhitung
323
Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya,
dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.
Poster
Sekolah
telah menerapkan 3 S (senyum, salam, sapa)
1
1.
Sekolah kami akan membudayakan 3 S.
Kalender pendidikan
Memperingati
hari besar agama dan nasional.
2. Sekolah kami
akan mengadakan kegiatan yang
menunjang pengembangan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman
atas sikap, seperti adanya layanan
bimbingan dan konseling, menambah ekstra kurikuler
80 % siswa
telah menunjukkan sikap jujur dan adil
Siswa belum
sepenuhnya mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
411
Jumlah pendidik memenuhi standar.
P1
Sekolah
kami memiliki 1 orang kepala Sekolah
3
Sekolah
kami memerlukan tambahan 3 orang guru kelas.
Sekolah kami memiliki 3 Orang Guru kelas,2 Orang Guru Agama
Islam,1 Orang Guru penjaskes dan 3
guru honorer
Agar guru
honorer diangkat menjadi PNS.
412
Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar.
P1
Sekolah
kami memiliki 1n 0rang kepala sekolah
2
Sekolah kami memerlukan tambahan 7 0rang guru
kelas.
Sekolah kami
memiliki 3 Orang Guru kelas,1 orang guru agama, 1 Orang Guru penjaskes
dan 6 guru honorer
421
Kualifikasi pendidik memenuhi standar.
Ijazah
Sekolah kami
memiliki 1 orang kepala Sekolah dengan jenjang pendidikan D-II
3
Kepala
sekolah dan guru yang belum S-1 agar meningkatkan kualifikasi pendidikan
Sertifikat CAKEP
Kepala sekolah Belum memiliki
sertifikat profesi
Sertifikat Profesi
Kepala sekolah telah memiliki
sertifikat CAKEP,
Sekolah kami memiliki 3 Orang
Guru kelas,1 Orang Guru Agama Islam,1 Orang Guru penjaskes
1 orang guru SI, 1 orang D.II 1
orang SPG sedangkan untuk guru PAI dan
Penjaskes sudah S.I
422
Kualifikasi
tenaga kependidikan memenuhi standar.
Ijazah
Penjaga
sekolah kami lulusan SD.
1
Perlu
penyetaraan pendidikan SMP
431
Kompetensi pendidik memenuhi standar.
Silabus
Kepala
sekolah kami memiliki kompetensi kepribadian tetapi belum memiliki kompetensi
manajerial, sosial, kewirausahaan dan supervisi.
1
Agar
diikut sertakan diklat peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru
RPP
80 % guru
sekolah kami telah memilki kopetensi kepribadian, sosial,tetai belum memiliki
kompetensi profesional
Diperlukan
workshop untuk peningkatan kompetensi pedagogic dan profesional
20 % guru disekolah kami telah
memenuhi standar kompetensi
432
Kompetensi
tenaga kependidikan memenuhi standar.
Kompetensi
penjaga di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal
2
Agar
mengikuti penyetaraan pendidikan SMP.
511
Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran
ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
SKT
luas laha 11250 M2
4
Rasio
lahan : 25 M2
Diperlukan
penambahan 3 lokal belajar
Lahan
sekolah telah memiliki hak atas tanah berupa SKT
Perlu mengurus
Sertifikat lahan sekolah dan IMB
Luas
bangunan 392 M2
Rasio
luas lantai terahdap peserta didik
1,48 M2 per peserta didik
Perlumemecah
jumlah siswa sesuai dengan SNP
Jumlah
Rombel 610
Sekolah
belum memiliki IMB
Bangunan
gedung telah dilengkapi ventilasi yang memadai jaringan listrik 900
watt.
Sekolah
kami telah memiliki Jamban 4 buah dengan luas per unit 2 m2
Diperlukan
ruang kepala sekolah dan ruang guru
Sekolah
kami memiliki tempat bermain dan ruang sirkulasi dengan luas 800 m2
Sarana
:
Jumlah
ruangan kelas 7 ruang tidak sesuai
dengan rombel yang berjumlah 10 rombel
Sarana
kelas - Kursi peserta didik
Diperlukan
ruang perpustakaan, UKS, tempat ibadah dan gudang
meja kursi peserta didik,meja guru kursi guru papan tulis tempat
sampah papan rtulis panjang Ruang perpustakaan luas ruang perpustakaan 56
m2Ruang perpustakaan mudah diakses sarana ruang perpustakaan yang tersedia
buku
512
Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah
peserta didik dalam rombongan belajar.
Disekolah kami memiliki 10
rombel
1
Sekolah kami memiliki rombel sesuai dengan SNP
Jumlah peserta didik kelas 1
sebanyak 30 siswa
P1
Jumlah peserta didik kelas 2
sebanyak 71 siswa dibagi 2 rombel
Data siswa
Jumlah peserta didik kelas 3
sebanyak 42 siswa 2 rombel
rapor
Jumlah peserta didik2 rombel
kelas 4 sebanyak 40 siswa
Jumlah peserta didik kelas 5
sebanyak 43 siswa 2 rombel
Jumlah peserta didik kelas 6
sebanyak 38 siswa
513
Sekolah memenuhi standar terkait dengan
penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.
Papan
tulis
Setiap ruang
kelas telah terdapat 1 buah papan tulis,1 lemari,1 papan absensi kelas.
2
Sekolah kami memerlukan kelengkapan alat dan
sumber belajar sesuai dengan SNP.
Buku pelajaran
Sekolah kami
tidak memiliki buku perpustakaan lengkap.
Bola kaki
Alat
laboratorium belum tersedia.
Bola voly
Penyediaan alat
untuk bermain dan berolahraga belum tersedia lengkap.
Dan lain-lain
521
Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara
berkala sesuai dengan persyaratan standar.
Jadwal Piket
Pemeliharaan
bangunan sekolah kami belum sepenuhnya dilakukan secara berkala sesuai dengan
standar persyaratan. Namun sekolah kami rawat setiap hari
2
Sekolah kami akan
menyusun program perbaikan/pemeliharaan sarana dan prasarana,.
Belum memiliki program perbaikan/pemeliharaan
522
Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta
didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.
Foto sekolah
Bangunan sekolah kami belum
sepenuhnya nyaman untuk semua peserta masih tejadi pencemaran udara, ruang
kelasa sekolah belum dipagar keliling, bangunan gedung belum dilengkapi
sistem pasif dan aktif.
3
Sekolah kami
memerlukan ruang pjerpustakaan.
Ruang
guru dan pimpinan kurang memadai.
Diperlukan
perbaikan fentilasi untuk di ruang kelas
Berlum
memiliki Ruang perpustakaan
Sekolah
dalam keadaan bersih, tertib, rindang, indah dan sehat
Bangunan
gedung belum sepenuhnya memiliki sanitasi yang memadai
611
Sekolah merumuskan visi dan misi serta
disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.
Dokumen 1
KTSP
Sekolah kami memiliki Visi dan Misi tetapi
belum dirumuskan secara bersama.
3
Visi misi sekolah kami belum diputuskan melalui rapat dewan
pendidik
.Sekolah kami
akan merumuskan Visi dan Misi secara bersama warga sekolah dan stakeholder
yang ada disekitar sekolah.
Visi dan Misi sekolah kami sudah disosialisasikan kepada warga
sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan.
2.Sekolah kami akan membuat program
untuk meninjau dan merumuskan kembali secara berkala sesuai dengan
perkembangan dan kepentingan masyarakat.
Visi dan Misi sekolah kami belum ditinjau dan dirumuskan kembali
secara berkala sesuai dengan perkembangan dan kepentingan
dimasyarakat.
612
Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya
kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
Dokumen
program kerja 1 tahun.
Sekolah
kami memiliki rencana kerja tahunan
dan empat tahunan dengan persetujuan guru dan komite sekolah.
4
Rencana
kerja sekolah tahunan dan empat tahunan akan mempertimbangkan masukan dari
komite sekolah dalam dokumen yang mudah terbaca oleh pihak-pihak yang
terkait.
Dokumen program kerja 4 tahun.
Sekolah kami
belum memiliki kemitraan dengan masyarakat dan DUDI disekitar sekolah
Akan menjalin
kerjasama dengan DUDI disekitar sekolah
Pengelolaan
sekolah belum menunjukkan kemandirian, keterbukaan dan akuntanbilitas
Akan menerapkan
MBS
621
Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan
yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.
Dokumen 1 KTSP
Rumusan tujuan sekolah kami belum sepenuhnya
mengacu pada visi, misi dan tujuan pendidikan nasional serta relevan
1
Sekolah
kami akan merumuskan tujuan yang mengacu pada visi, misi dan tujuan
pendidikan nasional serta relavan dengan kebutuhan
Dengan kebutuhan masyarakat.
Masyarakat.
●
Rumusan tujuan sekolah kami juga belum mengakomodasi masukan dari berbagai
pihak yang berkepentingan dan tidak diputuskan oleh rapat pendidik yang
dipimpin oleh kepala sekolah.
Sekolah kami
akan mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan dan
diputuskan melalui rapat dewan pendidik.
Rumusan
tujuan sekolah telah mengacu pada SI/SKL
Sekolah kami
akan mensosialisasikan kepada seluruh warga sekolah dan segenap pihak yang
berkepentingan
●
Rumusan tujuan sekolah kami belum
disosialisasikan kepada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepen-
tingan.
622
Sekolah
mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan
perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang
berkepentingan.
Dokumen 1 KTSP
Sekolah sudah mensosialisasikan rencana kerja yang
berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga
sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan
1
Sekolah
kami akan mensosialisasikan kepada seluruh warga sekolah dan segenap pihak
yang berkepentingan.
631
Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana
kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka
menengah (renstra).
Dokumen
RKS/RKAS
Rencana kerja tahunan sekolah
kami disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada standar
isi,
1
Kedepan dokumen RKAS sekolah kami akan mudah
diakses oleh pihak terkait dan disosialisasikan terhadap eksternal sekolah
Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses
da Standar Penilaian namun tidak dalam bentuk dokumen yang
Mudah diakses oleh pihak terkait dan
sosialisasinya masih sebatas dalam lingkup internal sekolah.
632
Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja
sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan
hasil belajar.
Notulen rapat
Sekolah telah melakukan evaluasi diri
terhadap kinerja sekolah setahun sekali
3
Daftar hadir
Sekolah melakukan evaluasi proses
pembelajaran tetapi belum secara periodik.
Sekolah akan
melaksanakan evaluasi proses pembelajaran, program kerja tahunan, secara
peiodik.
RKS
Evaluasi proses pembelajaran dan kinerja
sekolah belum melibatkan warga sekolah masih sebatas tim pengembang
Proses
evaluasi akan melibatkan warga sekolah
633
Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk
mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi
diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar.
RKS
Sekolah
kami belum menetapkan skala prioritas proses pembelajaran dan program kerja
tahunan untuk mengukur , menilai kinerja dan
melakukan perbaikan berdasarkan evaluasi diri dan tidak terfokus pada
upaya peningkatan hasil belajar.
1
Sekolah kami akan menyusun skala prioritas untuk
mengukur, menilai kinerja serta melakukan perbaikan berdasarkan hasil
evaluasi diri yang berfokus pada peningkatan hasil belajar
RKAS
Hasil
evaluasi diri
641
Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan
dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.
Data
siswa
Sekolah
kami belum menggunakan data berbasis ICT sehingga belum efektif dan efisien.
4
sekolah
kami akan mengadakan peralatan ICT
Data PTK
workshop tentang ICT.
Data sekolah
Data nilai
642
Sekolah menyediakan sistem informasi yang
efisien, efektif, dan dapat diakses.
Papan informasi/ pengumuman
Sekolah
kami menyediakan fasilitas informasi namun belum efektif, efisien dan mudah
diakses.
4
Sekolah akan menyediakan informasi yang mudah di
akses.
Data yang tertera dipapan pengumuman belum dilakukan pembaharuan
secara berkala
651
Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga
kependidikan.
Dokumen DP3
Sekolah
kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan
4
Sekolah kami akan menyusun program pengembangan
profesi pendidik dan tenaga kependidikan
Jadwal piket
Sekolah kami
belum melakukan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan.
Sekolah telah
menyusun daftar piket dan mengajar bagi dewan guru
652
Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga
kependidikan sesuai dengan standar nasional.
Dokumen supervisi.
Sekolah
kami menyusun program supervisi dan evaluasi tetapi belum secara
berkelanjutan.
3
Sekolah
kami akan menyusun program supervise dan evaluasi secara berkelanjutan.
Sekolah kami menyusun program supervisi dan evaluasi namun belum
didasarkan pada SNP.
Sekolah kami
akan menyusun program supervise dan evaluasi yang berdasarkan pada SNP.
661
Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan
kegiatan akademis dan nonakademis.
Pial ,piagam, sk
warga
Sekolah kami belum secara keseluruhan terlibat langsung dalam kegiatan
akademik masih dalam kegiatan non akademik
3
Sekolah kami akan melibatkan langsung baik
kegiatan akademik maupun non akademik.
662
Sekolah
melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis.
Sekolah kami
belum melibatkan anggota masyarakat masih dalam pengelolaan non akademik
3
Kedepan
sekolah kami akan melibatkan anggota masyarakat dalam pengelolaan kegiatan
non akademik
711
Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan
Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota.
RAPBS/RKAS
Sekolah
kami sudah menyusun RAPBS/ RKAS Sesui dengan PP No.19/2005 Pasal 53.
3
Sekolah
kami akan mengikut sertakan komite sekolah dalam penyusunan RAPBS/RKAS.
- SPJ BOS
Sekolah kami
sudah mendapatkan subsudi dari pemerintah ( BOS )
Sekolah kami
Sudah memiliki Rencana Anggaran Belanja ( RAB )
712
Perumusan
RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan.
RAPBS/RKAS
Sekolah kami
belum sepenuhnya pemangku sekolah Hanya komite saja untuk perumusan
RAPBS/RKAS
4
Sekolah
kami akan melibatkan komite sekolah dan pemangku sekolah dalam perumusan
RAPBS/RKAS
713
Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan
secara transparan, efisien, dan akuntabel.
RAPBS/RKAS
RAPBS
belum di pajang
Sekolah kami akan mengundang komite sekolah dan
pemangku sekolah untuk membahas tentang keuangan sekolah.
RAPBS
Dalam penyusunan rencana keuangan Sekolah Kami dilakukan secara
trasnparan namun belumsepenuhnya melibatkan komite Sekolah.
714
Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada
Pemerintah dan pemangku kepentingan.
RAPBS/RKAS
Sekolah
kami sudah membuat laporan sesuai dengan peraturan pemerintah dan akan
dilaporkan kepada pemerintah.
1
Sekolah kami akan membuat laporan
pertanggung jawaban pendapatan dan pengeluaran yang akan melibatkan pemangku
kepentingan
SPJ BOS
Sekolah kami
sudah memiliki laporan belanja rutin yang diketahui olah komite sekolah.
Pelaporan
keuangan sudah di laporkan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan
Sekolah
memiliki laporan per kegiatan
Sekolah
memiliki laporan realisasi belanja rutin
721
Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana
dengan inisiatifnya sendiri.
SKT
Sekolah
kami belum memililki donatur tetap.
1
Sekolah
kami akan mencari donator tetap.
Sekolah kami belum mengembangkan koperasi.
Sekolah kami
perlu melakukan kerja sama dengan DU-DI
Sekolah kami sudah memiliki tanah yang produktif.
Sekolah kami
perlu membangun koperasi sekolah.
Sekolah kami belum melakukan kerjasama dengan dunia usaha dan
industri.
722
Sekolah
membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.
sekolah kami
Belum melakukan kerjasama dengan DU-DI.
1
Sekolah
kami akan melakukan kerjasama dengan DUDI
723
Sekolah memelihara hubungan dengan alumni.
Buku Induk
Sekolah
belum mengidentifikasi alumni
1
Sekolah
akan mengidentifikasi alumni
Sekolah kami Belum melakukan hubungan dengan alumni.
Sekolah akan
membentuk wadah alumni
Sekolah kami belum mempunyai program kegiatan yang melibatkan
alumni.
Sekolah akan
menyusun program kegiatan yang melibatkan alumni
Sekolah belum memiliki wadah/organisasi alumni
Sekolah akan
memanfaatkan sumberdaya alumni
731
Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan
sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.
Laporan
BOS
sekolah
kami telah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi
1
Sekolah kami
akan berusaha melayani siswa dari tingkat social ekonomi yang berbeda
termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.
RAPBS
sekolah kami
belum melayani siswa dengan kebutuhan khusus
sekolah tidak
menarik SPP dari siswa
sekolah tidak
memberlakukan Iuran kepada Orang tua murid.
732
Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa
kurang mampu di bidang ekonomi.
Laporan
BOS
sekolah
kami belum membagi siswa menjadi 3 tingkatan kaya, menengah dan miskin
1
Sekolah
akan membagi siswa menjadi 3 tingkatan
RAPBS
Biaya operasi
sekolah sepenuhnya di tanggung sekolah
Sekolah akan
merumuskan subsidi silang kepada siswa berdasarkan kemampuan ekonomi.
Sekolah belum
memberlakukan subsudi silang kepada siswa.
811
Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap
pencapaian kompetensi peserta didik.
Silabus
/ RPP
Tujuan
pembelajaran sesuai dengan SK/KD
1
Sekolah kami akan berusaha sepenuhnya untuk
memperhatikan karakteristik siswa dalam menetukan KKM.
- Daftar nilai
Pedoman
penilaian belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Perencanaan
penilaian akan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang mengacu pada SK/KD
Sekolah kami
mengembangkan indikator pencapaian KD dan memilih penilaian yang sesuai
denganmata pelajaran.
Sekolah kami
menentukan KKM setiap mata pelajaran namun belum sepenuhnya memperhatikan
karakteristik siswa
812
Guru memberikan informasi kepada peserta didik
mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Datar
nilai,Rapot
Sebagian
Guru di sekolah kami telah menginformasikan kepada siswa tentang kriteria
penilaian pada setiap menjelang ulangan tentang :
1
Sekolah kami akan menginformasikan
criteria penilaian termasuk KKm yang disusun pada awal semester serta
criteria penilaian pada saat menjelang ulangan.
KKM
Kompetensiu
dasar
Instrumen KKM
KKM
Silabus dan RPP
Tekhnik
penilaian
Rubrik
penilaian
813
Guru melaksanakan penilaian secara teratur
berdasarkan rencana yang telah dibuat.
Silabus
RPP
Sekolah
kami belum sepenuhnya melaksanakan ulangan secara berkelanjutan yang
dilakukan setiap KD.
1
Sekolah kami akan melaksanakan ulangan
sesuai dengan rencana yang dibuat serta secara periodic dan dilaksanakan per
KD
Ulangan harian
belum dilakukan secara periodik
Ulangan harian
belum sesuai dengan rencana yang telah dibuat kecuali untuk ujian tengah
semester, ujian kenaikan kelas dan ujian sekolah
814
Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan
jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.
RPP
Sekolah
kami baru menerapkan satu teknik yaitu ujian tertulis untuk mengukur prestasi
1
Sekolah kami akan menerapkan berbagi tekhnik
penilaian.
Belum
menggunakan teknik observasi, tes lisan, tes kinerja untuk melakukan
pengukuran.
821
Guru
memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada
peserta didik.
Daftar nilai
Sekolah kami
telah memberikan komentar kepada peserta didik pada setiap hasil penilaian.
1
Sekolah
kami akan meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih memperhatikan prestasi
belajar siswa.
822
Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan
pembelajaran.
Daftar
nilai
1
Guru Sekolah kami akan menggunakan hasil
penilaian untuk mengkaji ulang cara pembelajaran yang akan disusun.
Silabus
Guru sekolah
kami belum sepenuhnya menggunakan hasil penilaian untuk pembelajaran dengan
program remidial.
RPP
831
Sekolah melaporkan hasil penilaian mata
pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester
kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.
1.
Buku Rapor
Guru
disekolah kami melaporkan hasil penilaian mata pelajaran setiap akhir
semester kepada pimpinan
1
Sekolah
kami akan melaporkan hasil belajar siswa kepada orang tua wali murid.
2. ijazah dan SKHU
sekolah kami
melaporkan hasil belajar siswa kepada orang tua murid dalam buku laporan
pendidikan.
Sekolah telah
melaporkan hasil kelulusan ujian sekolah ke dinas pendidikan
Sekolah telah
menerbitkan SKHU dan ijazah setiap peserta didik dan diserahkan kepada wali
murid.
832
Sekolah melibatkan orangtua peserta didik dalam
meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.
Rapor Siswa
Sekolah kami
melibatkan orang tua murid dalam memotifasi belajar kepada putra putrinya.
1
Sekolah
kami akan Lebih melibatkan orang tua siswa
dalam memotifasi belajar anak mereka.
Sekolah kami
melibatkan Orang tua murid dalam menganalisis hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar