Jumat, 05 Agustus 2011

EDS SDN 3 Waylaga

               Kode Indikator Bukti Fisik Deskripsi Bukti Fisik Tahapan Rekomendasi 111 Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP. *Dokumen Kurikulum                     KTSP, *Silabus dan RPP,                                      *SK Tim pemgembang kuikulum *Sekolah kami memiliki Tim Pengembang Kurikulum.
*Dalam penyusunan kurikulum kami tidak melibatkan (Pendidik, Komite Sekolah, Tokoh masyarakat)
*Kurikulum sekolah kami menyusun KTSP dengan mengkopi dari Dinas Pendidikan
*Kurikulum sekolah kami memuat 8 mata pelajaran, 2 muatan lokal
*Kurikulum sekolah kami tidak dikembangkan berdasar 7 prinsip
*Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran, tidak termasuk mata pelajaran muatan lokal.
*RPP tersedia untuk semua mata pelajaran, tidak termasuk mata pelajaran muatan lokal,
*Dokumen kurikulum tidak disahkan oleh Dinas Pendidikan sebelum diberlakukan.
*Kurikulum di sekolah kami belum direfisi setiap tahun sekali 3 *Sekolah kami akan mengadakan workshop  dalam penyusunan dan pengembangan KTSP berdasarkan 7 prinsip, penyusunan silabus dan RPP
*Sekolah kami akan menyusun Silabus dan RPP untuk mata pelajaran  muatan lokal.                                                                                                                        112 Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. Dokumen 1 KTSP            Dokumen 2 KTSP                                    Kurikulum Sekolah kami dibuat belum mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. 3 Sekolah kami akan  menyusun Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran Kurikulum sekolah kami telah mempertimbangkan  karakter daerah dengan  muatan lokal bahasa lampung.\o651 113 Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa. Dokumen 1 KTSP Struktur kurikulum sekolah kami memuat : 4  1.Sekolah kami akan mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, dimulai tahun pelajaran 2011/2012. 8 mata pelajaran pokok dan 2 muatan lokal Jumlah jam pembelajaran perminggu untuk kelas 1 adalah 30 jam pembelajaran. Jumlah jam pembelajaran perminggu untuk kelas 2 adalah 31 jam pembelajaran. 2. Sekolah kami akan menyusun program remidial dan program pengayaan untuk semua mata pelajaran. Dokumen 2 KTSP Jumlah jam pembelajaran perminggu untuk kelas 3 adalah 34 jam pembelajaran. Jumlah jam pembelajaran perminggu untuk kelas 4-6 adalah 35 jam pembelajaran. Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah 35 menit. Jumlah minggu efektif dalam setahun 34-38 minggu. Belum dibuat rencana program remedial Belum ada pengayaan bagi siswa 121 Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. Dokumen 1 KTSP   Sekolah belum memiliki guru BK 3 1. Sekolah kami akan meminta guru BK P1 Sekolah belum menyusun program kegiatan kegiatan Bimbingan dan Konseling.  2. Sekolah kami akan menyusun program layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. Sekolah belum menyediakan layanan bimbingan dan konseling  122 Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.   Sekolah belum menyusun program kegiatan ekstra kurikuler 4   Daftar hadir kegiatan ekstra kurikuler pramuka Sekolah  telah menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler pramuka,olah raga Sekolah kami akan  menyusun program  ekstrakurikuler pramuka, olah raga Struktur Organisasi Sekolah  belum menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler selain pramuka dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik Sekolah akan berusaha menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. SK   Sekolah telah mengorganisasikan kegiatan ekstra kurikuler, tetapi belum berjalan efektif. Sekolah akan menyusun struktur organisasi yang efektif 211 Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP. Dokumen KTSP 5 orang pendidik pada sekolah kami memiliki silabus tetapi masih mengkopi dan mengadaptasi dari sekolah lain. 3  1. Sekolah kami perlu mengadakan workshop dalam  penyusunan dan pengembangan KTSP di sekolah. 2. Silabus dan RPP Silabus dikembangkan didasarkan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan panduan KTSP tetapi masih mengkopi dan mengadaptasi dari sekolah lain. 2. Setiap guru di sekolah kami diusahakan untuk menyusun silabus sesuai dengan  standar isi, standart kompetensi lulusan, dan panduan KTSP.   Silabus mengarah pada pencapaian SKL 3. Sekolah kami akan menyusun program untuk mengkaji silabus untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran    Silabus tidak dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran   212 Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok.  Dokumen Silabus   Silabus disusun menggunakan contoh silabus dari BSNP sebagai referensi. 2 1. Sekolah kami akan mengadakan workshop dalam penyusunan Silabus disekolah. 5 orang pendidik menyusun silabus sendiri. 2. Sekolah kami akan  mengadakan workshop dalam pengkajian dan pengembangan  silabus secara teratur disekolah.  5 orang pendidik tidak menyusun silabus melalui MGMPS / MGMP Daerah) 3. Sekolah kami akan menugaskan semua guru untuk mengikuti kegiatan  KKG 221 Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. Dokumen RPP 5 orang  pendidik di sekolah kami menyusun Program Semester dan Program Tahunan 4 1. Sekolah kami akan  mengadakan workshop penyusunan RPP. 5 orang  pendidik memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2. Sekolah kami akan menyusun program semester dan program  tahunan  mandiri dan mengacu  pada sekolah  induk. 5 orang  pendidik menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sendiri. 3. Sekolah kami akan menyusun rencana pembelajaran sendiri. 5 orang  pendidik tidak menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui MGMPS / MGMP Daerah) 4. Sekolah kami akan mengkaji RPP setiap tahun. RPP memuat identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar.   222 RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik. Dokumen RPP 5 orang  pendidik dalam menyusun Rencana Pembelajaran tidak memperatikan perbedaan gender, kemampuan awal, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya. 1 Sekolah kami akan  mengadakan workshop KKGS dalam penyusunan RPP yang memperhatikan memperhatikan perbedaan  gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan  sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan  lingkungan  peserta didik  5 orang  pendidik  dalam menyusun RPP  belum sepenuhnya memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan.   231 Siswa dapat mengakses buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah. - - 2 - 232 Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.  Buku pegangan guru. Sumber belajar yang tersedia hanya buku teks pegangan guru dan beberapa buku referensi milik guru pribadi, perpustakaan, tidak mempunyai laboratorium. 2 Sekolah kami akan berusaha melengkapi sumber belajar yang lain sebagai pendukung  pembelajaran  pada tahun pelajaran 20011/2012. Buku teks tidak cukup untuk satu peserta didik satu buku. 2. Sekolah kami akan berusaha mengadakan LKS bagi penunjang belajar siswa. Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu Panduan guru, buku referensi, buku sumber belajar lainnya, tetapi masih sebagian guru. 3. Sekolah kami akan berusaha  menggadakan  pembelajaran dengan  media sember belajar lain. 5 orang  peserta didik memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.   241 Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dokumen Silabus dan RPP 5 orang pendidik melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disiapkannya. 3 1.Sekolah kami akan  mengadakan workshop dalam  penyusunan RPP yang  interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang (pembelajaran PAIKEM) . Dalam proses pembelajaran 2 orang pendidik menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. 2. Sekolah akan melakukan supervisi dan pengarahan terhadap pendidik untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP  yang disiapkan Proses pembelajaran 5 orang pendidik melalui langkah-langkah pembelajaran pembukaan , inti, penutup.   242 Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi. Dokumen Silabus dan RPP Dalam proses pembelajaran 1 orang pendidik menerapkan siklus pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, (eksploratif, kolaboratif, konfirmatif) 3 1. Sekolah kami akan  melakukan  supervisi terhadap perangkat pembelajaran guru pada  pertengahan  semester. 5orang pendidik mengelola kelas secara efektif. (mengatur tempat duduk sesuai karakter pembelajaran, tetapi belum memajang hasil karya peserta didik di kelas) 2. Sekolah kami akan  menerapkan siklus pembelajaran yang PAIKEM.   3. Sekolah kami akan mengarahkan pendidik untuk mengelola kelas secara efektif (mengatur tempat duduk sesuai karakter pembelajaran, dan memajang  hasil karya peserta didik di kelas). 251 Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran. Dokumen Supervisi Kepala sekolah mempunyai  program kerja untuk melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran. 4 1. Sekolah kami akan  mulai berkomunikasi dengan pengawas untuk diminta  membimbing dalam  proses supervisi dan mengevaluasi proses pembelajaran di sekolah kami. 2. Dokumen Evaluasi Kepala sekolah tidak melakukan supervisi proses pembelajaran pada tahap ( perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar). 2. Sekolah kami akan mulai mencoba  melakukan supervisi dan evaluasi terhadap kerja Kepala, Guru, dan Karyawan dengan bimbingan dan arahan dari Pengawas sekolah.   Kepala sekolah tidak melakukan evaluasi proses evaluasi pada tahap ( perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar).   252 Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.  Buku tamu Pelaksanaan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan tidak berkala oleh Kepala Sekolah, Pengawas. 4 1. Sekolah kami akan berusaha melakukan proses supervisi dan  evaluasi proses pembelajaran secara berkala dan berkelanjutan  mulai tahun  pelajaran 2011/2012. Hasil  supervisi dan evaluasi proses pembelajaran tidak ditindaklanjuti dengan penguatan dan penghargaan bagi yang  telah memenuhi standar, teguran yang bersifat mendidik bagi yang belum memenuhi standar, diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran Iebih lanjut. 2. Kepala sekolah akan mulai melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran secara berkala dan  berkelanjutan  mulai tahun pelajaran 2011/2012. Hasil supervisi dan evaluasi proses pembelajaran tidak dilaporkan kepada pemangku kepentingan. 3. Sekolah kami akan  melaporkan hasil supervisi dan evaluasi proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan 311 Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL. 1. Hasil penilaian siswa (Raport) 40% siswa belum mencapai target KKM 3 Sekolah menyusun program pengayaan dan remedial agar tercapai target KKM 2. Dokumen KKM 20 % Nilai rata-rata mengalami penurunan , 40% nilai rata-rata mata pelajaran mengalami kenaikan dan 40% nilai rata-rata tetap Sekolah akan  mengikutsertakan  pendidik diklat peningkatan  kompetensi 3. Data kelulusan 100% peserta ujian lulus dan mengalami peningkatan. Sekolah akan  melakukan pembimbingan  terhadap  siswa-siswa yang  tertinggal 312 Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri. Daftar nilai siswa Guru dalam menyusun RPP belum melibatkan siswa di dalam proses pembelajaran 2 1. Sekolah kami akan mengarahkan siswa untuk mampu  menjadi pembelajar yang  mandiri. RPP RPP yang disusun belum PAKEM   Hasil kerja siswa 2 orang pendidik yang memberikan tugas mandiri atau tugas terstruktur. 2. Sekolah kami akan memfasilitasi sumber belajar siswa dan memberikan LKS sebagai bahan pembelajaran  mandiri untuk mendapatkan nilai di atas KKM. LK     313 Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. Sertifikat kegiatan/lomba 3 orang pendidik yang memberikan penghargaan kepada peserta didik yang menunjukkan kemajuan belajar. 3 1. Sekolah kami akan  mengarahkan pendidik untuk memberikan penghargaan kepada peserta didik yang menunjukkan  kemajuan belajar siswa. Piala Banyak  peserta didik yang berpartisipasi mengikuti kegiatan / lomba bidang olah raga 2. Sekolah kami akan memberikan wadah dan sarana bagi siswa untuk menyalurkan bakat dan minat siswa sehingga dapat berpartisipasi mengikuti kegiatan / lomba. RPP Guru disekolah kami belum sepenuhnya memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar 3. sekolah akan menambah kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan seni budaya.   Sekolah belum memberikan pengalaman mengapresiasikan karya seni dan budaya 4. Guru memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar tercantum di RPP 321 Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik. Dokumen buku pelanggaran siswa  80% peserta didik berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku (jabat tangan dan doa sebelum dan sesudah pelajaran). 4 sekolah kami akan  menyusun tata tertib sekolah  Absensi siswa 70 % peserta didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten.   90 % peserta didik datang tepat waktu   Belum memiliki jam kejujuran 322 Sekolah mengembangkan keterampilan hidup. Hasil kreasi siswa Sekolah belum mengembangkan kegiatan keterampilan hidup 3 Sekolah kami akan mengembangkan  keterampilan hidup Siswa belum mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari Guru akan  mengembangkan RPP sesuai dengan program Siswa belum menunjukkan ketrampilan menyimak, membaca, berbicara, menulis dan berhitung   323 Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.  Poster Sekolah telah menerapkan 3 S (senyum, salam, sapa) 1 1. Sekolah kami akan membudayakan 3 S. Kalender  pendidikan Memperingati hari besar agama dan nasional. 2. Sekolah kami akan mengadakan kegiatan yang  menunjang  pengembangan  nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap, seperti adanya  layanan bimbingan dan konseling, menambah ekstra kurikuler   80 % siswa telah menunjukkan sikap jujur dan adil     Siswa belum sepenuhnya mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal   411 Jumlah pendidik memenuhi standar. P1 Sekolah kami memiliki 1 orang kepala Sekolah 3 Sekolah kami memerlukan tambahan 3 orang guru kelas. Sekolah kami memiliki 3 Orang Guru kelas,2 Orang Guru Agama Islam,1 Orang Guru penjaskes dan  3 guru honorer Agar guru honorer diangkat menjadi PNS. 412 Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar. P1 Sekolah kami memiliki 1n 0rang kepala sekolah  2 Sekolah kami memerlukan tambahan 7 0rang guru kelas.   Sekolah kami memiliki 3 Orang Guru kelas,1 orang guru agama, 1 Orang Guru penjaskes dan  6 guru honorer     421 Kualifikasi pendidik memenuhi standar.  Ijazah Sekolah kami memiliki 1 orang kepala Sekolah dengan jenjang pendidikan D-II 3 Kepala sekolah dan guru yang belum S-1 agar meningkatkan kualifikasi pendidikan Sertifikat CAKEP Kepala sekolah Belum memiliki sertifikat profesi   Sertifikat Profesi Kepala sekolah telah memiliki sertifikat CAKEP,     Sekolah kami memiliki 3 Orang Guru kelas,1 Orang Guru Agama Islam,1 Orang Guru penjaskes     1 orang guru SI, 1 orang D.II 1 orang SPG  sedangkan untuk guru PAI dan Penjaskes sudah S.I         422 Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar. Ijazah Penjaga sekolah kami lulusan SD. 1 Perlu penyetaraan pendidikan SMP 431 Kompetensi pendidik memenuhi standar. Silabus Kepala sekolah kami memiliki kompetensi kepribadian tetapi belum memiliki kompetensi manajerial, sosial, kewirausahaan dan supervisi. 1 Agar diikut sertakan diklat peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru   RPP 80 % guru sekolah kami telah memilki kopetensi kepribadian, sosial,tetai belum memiliki kompetensi profesional Diperlukan workshop untuk peningkatan kompetensi pedagogic dan profesional   20 % guru disekolah kami telah memenuhi standar kompetensi           432 Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar.   Kompetensi penjaga di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal 2 Agar mengikuti penyetaraan pendidikan SMP. 511 Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.   SKT luas laha 11250 M2  4   Rasio lahan  : 25 M2     Diperlukan penambahan 3 lokal belajar Lahan sekolah telah memiliki hak atas tanah berupa SKT Perlu mengurus Sertifikat lahan sekolah dan IMB Luas bangunan 392 M2    Rasio luas  lantai terahdap peserta didik 1,48  M2 per peserta didik Perlumemecah jumlah siswa sesuai dengan SNP Jumlah Rombel 610   Sekolah belum memiliki IMB   Bangunan gedung telah dilengkapi ventilasi yang memadai jaringan listrik 900 watt.    Sekolah kami telah memiliki Jamban 4 buah dengan luas per unit 2 m2 Diperlukan ruang kepala sekolah dan ruang guru Sekolah kami memiliki tempat bermain dan ruang sirkulasi dengan luas 800 m2     Sarana :   Jumlah ruangan kelas 7 ruang  tidak sesuai dengan rombel yang berjumlah 10 rombel   Sarana kelas -   Kursi peserta  didik  Diperlukan ruang perpustakaan, UKS, tempat ibadah dan gudang meja kursi peserta didik,meja guru kursi guru papan tulis tempat sampah papan rtulis panjang Ruang perpustakaan luas ruang perpustakaan 56 m2Ruang perpustakaan mudah diakses sarana ruang perpustakaan yang tersedia buku   512 Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.   Disekolah kami memiliki 10 rombel 1      Sekolah kami memiliki rombel sesuai dengan SNP   Jumlah peserta didik kelas 1 sebanyak 30 siswa P1 Jumlah peserta didik kelas 2 sebanyak 71 siswa dibagi 2 rombel Data siswa Jumlah peserta didik kelas 3 sebanyak 42 siswa 2 rombel rapor Jumlah peserta didik2 rombel kelas 4 sebanyak 40 siswa    Jumlah peserta didik kelas 5 sebanyak 43 siswa 2 rombel   Jumlah peserta didik kelas 6 sebanyak 38 siswa 513 Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran. Papan tulis Setiap ruang kelas telah terdapat 1 buah papan tulis,1 lemari,1 papan absensi kelas. 2 Sekolah kami memerlukan kelengkapan alat dan sumber belajar sesuai dengan SNP.  Buku pelajaran Sekolah kami tidak memiliki buku perpustakaan lengkap. Bola kaki Alat laboratorium belum tersedia. Bola voly Penyediaan alat untuk bermain dan berolahraga belum tersedia lengkap.  Dan lain-lain    521 Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar.    Jadwal Piket  Pemeliharaan bangunan sekolah kami belum sepenuhnya dilakukan secara berkala sesuai dengan standar persyaratan. Namun sekolah kami rawat setiap hari  2 Sekolah kami akan menyusun program perbaikan/pemeliharaan sarana dan prasarana,. Belum memiliki program perbaikan/pemeliharaan 522 Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus. Foto sekolah Bangunan sekolah kami belum sepenuhnya nyaman untuk semua peserta masih tejadi pencemaran udara, ruang kelasa sekolah belum dipagar keliling, bangunan gedung belum dilengkapi sistem pasif dan aktif. 3 Sekolah kami memerlukan ruang pjerpustakaan. Ruang guru dan pimpinan kurang memadai. Diperlukan perbaikan fentilasi untuk di ruang kelas Berlum memiliki Ruang perpustakaan   Sekolah dalam keadaan bersih, tertib, rindang, indah dan sehat   Bangunan gedung belum sepenuhnya memiliki sanitasi yang memadai   611 Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan. Dokumen 1 KTSP  Sekolah kami memiliki Visi dan Misi tetapi belum dirumuskan secara bersama. 3   Visi misi sekolah kami belum diputuskan melalui rapat dewan pendidik .Sekolah kami akan merumuskan Visi dan Misi secara bersama warga sekolah dan stakeholder yang ada disekitar sekolah. Visi dan Misi sekolah kami sudah disosialisasikan kepada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan.      2.Sekolah kami akan membuat program untuk meninjau dan merumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan dan kepentingan masyarakat. Visi dan Misi sekolah kami belum ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan dan kepentingan        dimasyarakat.   612 Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. Dokumen program kerja 1 tahun. Sekolah kami  memiliki rencana kerja tahunan dan empat tahunan dengan persetujuan guru dan komite sekolah. 4 Rencana kerja sekolah tahunan dan empat tahunan akan mempertimbangkan masukan dari komite sekolah dalam dokumen yang mudah terbaca oleh pihak-pihak yang terkait. Dokumen program kerja 4 tahun. Sekolah kami belum memiliki kemitraan dengan masyarakat dan DUDI disekitar sekolah Akan menjalin kerjasama dengan DUDI disekitar sekolah   Pengelolaan sekolah belum menunjukkan kemandirian, keterbukaan dan akuntanbilitas Akan menerapkan MBS 621 Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan. Dokumen 1 KTSP  Rumusan tujuan sekolah kami belum sepenuhnya mengacu pada visi, misi dan tujuan pendidikan nasional serta relevan 1 Sekolah kami akan merumuskan tujuan yang mengacu pada visi, misi dan tujuan pendidikan nasional serta relavan dengan kebutuhan    Dengan kebutuhan masyarakat. Masyarakat. ● Rumusan tujuan sekolah kami juga belum mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan dan tidak diputuskan oleh rapat pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah. Sekolah kami akan mengakomodasi masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan dan diputuskan melalui rapat dewan pendidik. Rumusan tujuan sekolah telah mengacu pada SI/SKL Sekolah kami akan mensosialisasikan kepada seluruh warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan ● Rumusan  tujuan sekolah kami belum disosialisasikan kepada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepen-      tingan.   622 Sekolah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan. Dokumen 1 KTSP Sekolah sudah  mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan 1 Sekolah kami akan mensosialisasikan kepada seluruh warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan. 631 Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra). Dokumen RKS/RKAS Rencana kerja tahunan sekolah kami disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada standar isi,  1 Kedepan dokumen RKAS sekolah kami akan mudah diakses oleh pihak terkait dan disosialisasikan terhadap eksternal sekolah    Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses da Standar Penilaian namun tidak dalam bentuk dokumen yang    Mudah diakses oleh pihak terkait dan sosialisasinya masih sebatas dalam lingkup internal sekolah. 632 Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar. Notulen rapat  Sekolah telah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah setahun sekali 3   Daftar hadir  Sekolah melakukan evaluasi proses pembelajaran tetapi belum secara periodik. Sekolah akan melaksanakan evaluasi proses pembelajaran, program kerja tahunan, secara peiodik. RKS  Evaluasi proses pembelajaran dan kinerja sekolah belum melibatkan warga sekolah masih sebatas tim pengembang Proses evaluasi akan melibatkan warga sekolah       633 Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar. RKS  Sekolah kami belum menetapkan skala prioritas proses pembelajaran dan program kerja tahunan untuk mengukur , menilai kinerja dan  melakukan perbaikan berdasarkan evaluasi diri dan tidak terfokus pada upaya peningkatan hasil belajar. 1 Sekolah kami akan menyusun skala prioritas untuk mengukur, menilai kinerja serta melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri yang berfokus pada peningkatan hasil belajar  RKAS Hasil evaluasi diri   641 Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan. Data siswa  Sekolah kami belum menggunakan data berbasis ICT sehingga belum efektif dan efisien. 4 sekolah kami akan mengadakan peralatan ICT Data PTK workshop  tentang ICT. Data sekolah   Data nilai   642 Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses. Papan informasi/ pengumuman Sekolah kami menyediakan fasilitas informasi namun belum efektif, efisien dan mudah diakses. 4 Sekolah akan menyediakan informasi yang mudah di akses.  Data yang tertera dipapan pengumuman belum dilakukan pembaharuan secara berkala 651 Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan. Dokumen DP3 Sekolah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan 4 Sekolah kami akan menyusun program pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan Jadwal piket Sekolah kami belum melakukan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan.   Sekolah telah menyusun daftar piket dan mengajar bagi dewan guru 652 Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional. Dokumen supervisi. Sekolah kami menyusun program supervisi dan evaluasi tetapi belum secara berkelanjutan. 3 Sekolah kami akan menyusun program supervise dan evaluasi secara berkelanjutan. Sekolah kami menyusun program supervisi dan evaluasi namun belum didasarkan pada SNP. Sekolah kami akan menyusun program supervise dan evaluasi yang berdasarkan pada SNP. 661 Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis. Pial ,piagam, sk  warga Sekolah kami belum secara keseluruhan terlibat langsung dalam kegiatan akademik masih dalam kegiatan non akademik 3 Sekolah kami akan melibatkan langsung baik kegiatan akademik maupun non akademik. 662 Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis. Sekolah kami belum melibatkan anggota masyarakat masih dalam pengelolaan non akademik 3 Kedepan sekolah kami akan melibatkan anggota masyarakat dalam pengelolaan kegiatan non akademik 711 Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota. RAPBS/RKAS Sekolah kami sudah menyusun RAPBS/ RKAS Sesui dengan PP No.19/2005 Pasal 53. 3  Sekolah kami akan mengikut sertakan komite sekolah dalam penyusunan RAPBS/RKAS.    - SPJ BOS Sekolah kami sudah mendapatkan subsudi dari pemerintah ( BOS )   Sekolah kami Sudah memiliki Rencana Anggaran Belanja ( RAB )  712 Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan. RAPBS/RKAS Sekolah kami belum sepenuhnya pemangku sekolah Hanya komite saja untuk perumusan RAPBS/RKAS 4 Sekolah kami akan melibatkan komite sekolah dan pemangku sekolah dalam perumusan RAPBS/RKAS 713 Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel. RAPBS/RKAS RAPBS belum di pajang   Sekolah kami akan mengundang komite sekolah dan pemangku sekolah untuk membahas tentang keuangan sekolah. RAPBS  Dalam penyusunan rencana keuangan Sekolah Kami dilakukan secara trasnparan namun belumsepenuhnya melibatkan komite Sekolah. 714 Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. RAPBS/RKAS Sekolah kami sudah membuat laporan sesuai dengan peraturan pemerintah dan akan dilaporkan kepada pemerintah. 1  Sekolah kami akan membuat laporan pertanggung jawaban pendapatan dan pengeluaran yang akan melibatkan pemangku kepentingan     SPJ BOS Sekolah kami sudah memiliki laporan belanja rutin yang diketahui olah komite sekolah.     Pelaporan keuangan sudah di laporkan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan     Sekolah memiliki laporan per kegiatan     Sekolah memiliki laporan realisasi belanja rutin   721 Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri. SKT Sekolah kami belum memililki donatur tetap. 1 Sekolah kami akan mencari donator tetap. Sekolah kami belum mengembangkan koperasi. Sekolah kami perlu melakukan kerja sama dengan DU-DI Sekolah kami sudah memiliki tanah yang produktif. Sekolah kami perlu membangun koperasi sekolah. Sekolah kami belum melakukan kerjasama dengan dunia usaha dan industri.     722 Sekolah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.   sekolah kami Belum melakukan kerjasama dengan DU-DI. 1 Sekolah kami akan melakukan kerjasama dengan DUDI 723 Sekolah memelihara hubungan dengan alumni. Buku Induk Sekolah belum mengidentifikasi alumni 1 Sekolah akan mengidentifikasi alumni Sekolah kami Belum melakukan hubungan dengan alumni. Sekolah akan membentuk wadah alumni Sekolah kami belum mempunyai program kegiatan yang melibatkan alumni. Sekolah akan menyusun program kegiatan yang melibatkan alumni Sekolah belum memiliki wadah/organisasi alumni Sekolah akan memanfaatkan sumberdaya alumni 731 Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. Laporan BOS sekolah kami telah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi 1 Sekolah kami akan berusaha melayani siswa dari tingkat social ekonomi yang berbeda termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. RAPBS sekolah kami belum melayani siswa dengan kebutuhan khusus     sekolah tidak menarik SPP dari siswa     sekolah tidak memberlakukan Iuran kepada Orang tua murid.   732 Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi. Laporan BOS sekolah kami belum membagi siswa menjadi 3 tingkatan kaya, menengah dan miskin 1 Sekolah akan membagi siswa menjadi 3 tingkatan RAPBS Biaya operasi sekolah sepenuhnya di tanggung sekolah Sekolah akan merumuskan subsidi silang kepada siswa berdasarkan  kemampuan ekonomi.   Sekolah belum memberlakukan subsudi silang kepada siswa.   811 Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik. Silabus / RPP Tujuan pembelajaran sesuai dengan SK/KD 1  Sekolah kami akan berusaha sepenuhnya untuk memperhatikan karakteristik siswa dalam menetukan KKM.   - Daftar nilai Pedoman penilaian belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai Perencanaan penilaian akan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang mengacu pada SK/KD   Sekolah kami mengembangkan indikator pencapaian KD dan memilih penilaian yang sesuai denganmata pelajaran.     Sekolah kami menentukan KKM setiap mata pelajaran namun belum sepenuhnya memperhatikan karakteristik siswa   812 Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Datar nilai,Rapot Sebagian Guru di sekolah kami telah menginformasikan kepada siswa tentang kriteria penilaian pada setiap menjelang ulangan tentang : 1    Sekolah kami akan menginformasikan criteria penilaian termasuk KKm yang disusun pada awal semester serta criteria penilaian pada saat menjelang ulangan. KKM Kompetensiu dasar   Instrumen KKM KKM   Silabus dan RPP Tekhnik penilaian     Rubrik penilaian   813 Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat. Silabus RPP Sekolah kami belum sepenuhnya melaksanakan ulangan secara berkelanjutan yang dilakukan setiap KD. 1   Sekolah kami akan melaksanakan ulangan sesuai dengan rencana yang dibuat serta secara periodic dan dilaksanakan per KD   Ulangan harian belum dilakukan secara periodik     Ulangan harian belum sesuai dengan rencana yang telah dibuat kecuali untuk ujian tengah semester, ujian kenaikan kelas dan ujian sekolah   814 Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik. RPP Sekolah kami baru menerapkan satu teknik yaitu ujian tertulis untuk mengukur prestasi 1  Sekolah kami akan menerapkan berbagi tekhnik penilaian.   Belum menggunakan teknik observasi, tes lisan, tes kinerja untuk melakukan pengukuran.   821 Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.  Daftar nilai Sekolah kami telah memberikan komentar kepada peserta didik pada setiap hasil penilaian. 1 Sekolah kami akan meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih memperhatikan prestasi belajar siswa. 822 Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran. Daftar nilai   1 Guru Sekolah kami akan menggunakan hasil penilaian untuk mengkaji ulang cara pembelajaran yang akan disusun. Silabus Guru sekolah kami belum sepenuhnya menggunakan hasil penilaian untuk pembelajaran dengan program remidial. RPP   831 Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan. 1. Buku Rapor Guru disekolah kami melaporkan hasil penilaian mata pelajaran setiap akhir semester kepada pimpinan 1 Sekolah kami akan melaporkan hasil belajar siswa kepada orang tua wali murid. 2. ijazah dan SKHU sekolah kami melaporkan hasil belajar siswa kepada orang tua murid dalam buku laporan pendidikan.     Sekolah telah melaporkan hasil kelulusan ujian sekolah ke dinas pendidikan     Sekolah telah menerbitkan SKHU dan ijazah setiap peserta didik dan diserahkan kepada wali murid.   832 Sekolah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Rapor Siswa Sekolah kami melibatkan orang tua murid dalam memotifasi belajar kepada putra putrinya. 1 Sekolah kami akan Lebih melibatkan orang tua siswa  dalam memotifasi belajar anak mereka.   Sekolah kami melibatkan Orang tua murid dalam menganalisis hasil belajar siswa.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar